Penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri investasi bodong agar tak tertipu dalam berinvestasi. Investasi sendiri merupakan sebuah kegiatan penanaman modal usaha berupa uang atau aset terhadap suatu instansi perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Investasi memang merupakan cara terbaik untuk mengolah uang kita dan menghasilkan keuntungan. Selain memberikan keuntungan terhadap investor atau orang pemberi dana investasi, investasi juga dapat membantu para pengusaha untuk terus memiliki modal yang cukup dalam mengembangkan bisnisnya. Melihat tersebut investasi semakin diminati oleh semua orang untuk mengolola uangnya.

Namun minat yang tinggi terhadap investasi harus dibarengi dengan tindak kejahatan berupa penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan berkedok investasi. Minat yang tinggi terhadap investasi dimanfaatkan oleh oknum untuk meraup uang dari para investor lalu kabur. Kasus penipuan investasi bodong memang telah lama terdengar. Dikutip dari laman money.kompas.com mengatakan “Satgas Waspada Investasi memperkirakan kerugian masyarakat akibat penipuan investasi bodong di Indonesia mencapai Rp 92 triliun sepanjang 10 tahun terakhir”.

Meskipun kasusnya sudah banyak terjadi, tetapi masih saja terdapat investor awan yang tergiur dengan tawaran menarik dari pada oknum investasi bodong untuk menginvestasikan uangnya. Memang rata-rata korban dari investari bodong biasanya berasal dari para investor baru yang belum berpengalaman pada kegiatan investasi. Untuk itu, penting bagi anda investor awam untuk mengetahui ciri-ciri investasi bodong agar tidak tertipu.

3 cara mudah mengenali ciri-ciri investasi bodong

Tak bisa dihindari investasi bodong memang menjadi marak terjadi, meski ada badan penegak hukum namun para oknum masih tetap melancarkan aksinya. Agar terhindar juga dari jebakan investasi bodong, pastikan keputusan berinvestasi yang Anda ambil sudah melalui pertimbangan yang matang dan kenali 3 ciri-ciri investasi bodong ini.

Memberikan penawaran dengan keuntungan yang tak logis

Ciri-ciri investasi bodong yang pertama adalah, dengan memberikan penawaran yang menggiurkan terhadap para investor memang merupakan keharusan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mendapatkan investor. Semua pemilik instansi atau perusahaan pasti akan menawarkan investasi dengan perhitungan yang menggiurkan kepada para investornya. Namun perlu di ketahui investasi yang benar akan menawarkan keuntungan yang logis dan berdasarakan data-data akurat.

Berbeda dengan investasi bodong yang cenderung menawarkan investasi dengan keuntungan yang tidak logis dan tidak disertai data-data dari mana keuntungan tersebut bisa didapatkan. Jika anda mendapatkan tawaran investasi dengan keuntungan yang menggiurkan dan cenderung tak logis, maka itu merupakan investasi bodong.

Para oknum yang menawarkan investasi bodong lebih sering memberikan janji mengenai keuntungan hasil investasi yang besar. Akan tetapi, jika ditanya lebih detail mengenai informasi tentang model pengelolaan dana hinggan kemana dana investasi akan dialokasikan, mereka pasti akan kasih jawaban yang tidak pasti dan tidak pernah terjawab.

Menawarkan investasi tanpa potensi kerugian

Yang kedua adalah penawaran investasi tanpa potensi kerugian. Namun, investasi sendiri tidak bisa dipisahkan dari potensi kerugian . Setiap investasi pasti memiliki potensi kurgian dan tidak bisa dihilangkan. Sudah menjadi hukum investasi apabila prospek keuntungan semakin tinggi, maka tinggi juga resiko kerugian yang harus diambil.

Sudah menjadi trik para oknum investasi bodong untuk memberikan tawaran menggiurkan kepada para calon korbannya. Hal ini tak lain dilakukan untuk mendapatkan minat para korban untuk menginvestasikan uangnya pada oknum tersebut. Setelah mendapakan uang tersebut maka parak oknum akan dengan cepat menghilangkan jejak. Untuk itu anda perlu mewaspadai jika mendapatkan penawaran investasi tanpa ada potensi kerugian, maka jangan pernah tergiur akan hal tersbut. Karena bisa saja anda masuk kedalam jebakan para oknum investasi bodong.

Cenderung menyebunyikan legalitas perusahaan

Yang terakhir ini merupakan ciri-ciri investasi bodong yang paling mudah anda pahami. Investasi bodong pasti tidak memiliki izin resmi dari otoritas terkait. Para oknum investasi bodong biasanya tidak memiliki izin resmi karena untuk mengindari pengawan dari otoritas terkait jika hendak kabur membawa uang investasi korbannya. Jadi dapat dipastikan jika anda mendapatkan tawaran investasi dari perusahaan tak berizin, maka itu merupakan sebuah penipuan.

Sadar akan mudahnya dipahami oleh masyarakat, para oknum investasi bodong akan mengaku-ngaku telah memiliki izin resmi dan selalu menyembunyikan dokumen perizinannya. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan para korban melakukan investasi padanya. Namun anda tidak perlu khawatir karena legalitas yang disembunyikan oleh oknum, anda dapat mengecek legalitas perusahaan tersebut di lembaga otoritas terkait apakah betul perusahaan tersebut sudah terdaftar atau belum.

Memiliki legalitas yang jelas merupakan syarat mutlak untuk dapat menyakinkan anda sebelum menginvestasikan uang anda atau tidak. Jika anda mendapatkan penawaran dari perusahaan yang tidak jelas legalitasnya, maka jangan pernah mau berinvestasi pada perusahaan tersbut. Legalitas dapat memberikan perlindungan bila suatu ketika terjadi permasalahan pada produk investasi tersebut, dengan begitu mengadukan masalah yang terjadi pada otoritas terkait. Selain itu, dengan izin yang jelas, itu berarti ada pengawasan dari otoritas.

Nah itulah ketiga ciri-ciri investasi bodong yang wajib anda ketahui sebelum melakukan aktivitas berinvestasi agar tidak terjebak kedalam kasus penipuan bekedok investasi. Dengan memahami ketiga poin diatas kita dapat lebih behati-hati dalam menginvetasikan uang kita kepada perusahaan yang tepat.

Meski berbekal dengan pengetauin ketiga ciri-ciri investasi bodong, terkadang kita memerluka informasi lebih dalam menganai perusahaan tersebut. Namun kurangnya waktu dan keahlian membuat kita terkadang acuh terhadap informasi tersebut. Untuk mengatasinya. Jasa detektif Swasta hadir sebagai jasa detektif swasta dapat membantu anda menyelidiki berbagai kasus seperti menyelidiki dan menggali informasi pada perusahaan yang menawarkan investasi kepada anda. Jika anda memelukan bantuan detektif swasta, jangan ragu menghubungi kami