Cara menjadi detektif, itulah tema artikel yang akan kita bahas pada pembahasan artikel kali ini. Sering kita lihat kisah-kisah detektif di film atau buku fiksi. Bagi kamu yang pernah melihat kisah detektif mungkin sedikit termotivasi untuk menjadi seorang detektif. Berdasarkan kisah detektif yang dalam film atau buku mungkin kamu akan sedikit terinspirasi untuk menjadi seorang detektif.

Mungkin kamu akan berpikir bahwa menjadi detektif mungkin hanya khayalan saja. Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, karena sebenarnya pekerjaan sebagai detektif sebenarnya ada di dunia nyata. Bahkan aksi-aksi detektif yang dikisahkan di film sebenarnya sama dengan apa yang dilakukan oleh detektif di dunia nyata. Menarik kan? jadi jangan berkecil hati bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi detektif. Nah untuk mewujudkan impian kamu menjadi detektif, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara untuk menjadi detektif.

Cara menjadi seorang detektif yang handal

Mempelajari keahlian-keahlian yang dibutuhkan seorang detektif

Dalam menjadi seorang detektif, tentu kamu akan dituntut untuk menguasai keahlian khusus. Keahlian paling utama yang harus dikuasai seorang detektif adalah kemampuan investigasi. Karena pada dasarnya tugas utama dari seorang detektif adalah melakukan investigasi atau penyelidikan terhadap suatu kasus. Pada kemampuan investigasi ini, seorang detektif dituntut memiliki pemikiran yang sangat mendetail. Pada saat investigasi, pengetahuan yang luas akan segala hal juga sangat diperlukan untuk kamu bisa menganalisa segala kemungkinan yang ditemukan saat melakukan investigasi. 

Selain keahlian investigasi, keahlian lainnya yang harus dikuasai detektif yakni harus bisa melakukan penyamaran. Tak jarang seorang detektif harus melakukan penyelidikan secara sembunyi-sembunyi. Untuk itu keahlian penyamaran sangat diperlukan bagi seorang detektif. Tidak hanya kedua keahlian ini saja yang harus dikuasai oleh seorang detektif, akan lebih bagus untuk seorang detektif memiliki segala keahlian seperti mengemudi atau bahkan hingga berkelahi. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga akan kemungkinan yang bisa terjadi saat melakukan penyelidikan. Namun jika melihat dari tugas dari seorang detektif, kedua keahlian utama ini merupakan keahlian wajib yang harus dimiliki seorang detektif.

Menempuh pendidikan yang mengarah pada karis detektif

Seorang yang tugas utamanya melakukan investigasi tentu tidak jauh hubungannya dengan kepolisian. Dalam keanggotaan kepolisian kita semua tentu mengetahui adanya divisi yang melakukan investigasi untuk mengungkap sebuah kejahatan. Masuk anggota kepolisian juga merupakan salah satu jalan untuk menjadi seorang detektif. Untuk itu bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang ditektif, kamu bisa mendaftarkan diri anda di akademi kepolisian atau akpol.

Di Dalam akademi kepolisian, kamu akan mendapatkan pelatihan langsung keahlian-keahlian untuk menjadi seorang detektif. Bahkan hal Ini mencakup campuran pelatihan fisik dan studi kelas di berbagai bidang seperti pelatihan senjata api, pertahanan diri, dan pertolongan pertama. Penting juga bagi kamu untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang hukum negara bagian dan lokal. Entah kedepannya kamu akan menjadi bagian dari detektif pemerintahan atau bahkan detektif swasta, namun dengan menempuh pendidikan di akademi kepolisian kamu akan mendapat segala keahlian yang diperlukan seorang detektif.

Mulai melakukan penyelidikan meski berskala kecil

Seperti pepatah, pengalaman merupakan guru besar pada kehidupan kita. Pengalaman adalah kunci bagi seorang detektif yang handal. Tanpa pengalaman, kemampuan yang sudah kamu kuasai akan percuma saja. Untuk menambah pengalamanmu dalam hal penyelidikan sebagai detektif, mulai lah melakukan penyelidikan-penyelidikan meski kasus yang ditangani hanya kasus kecil. Mungkin kamu bisa melakukan penyelidikan tentang barang hilang.

Nah berdasarkan kasus-kasus yang telah dilakukan penyelidikan, lakukanlah evaluasi dan temukan cara untuk melakukannya lebih baik lagi. Jika kamu memiliki banyak pengalaman bukan hal yang mustahil bagi kamu bisa melakukan penyelidikan pada kasus berskala besar.

 

Nah demikianlah beberapa cara untuk kamu bisa menjadi seorang detektif. Menjadi seorang pengintai merupakan pekerjaan yang menuntut keahlian tinggi. Untuk itu kamu bisa mengikuti beberapa cara diatas untuk mewujudkan impian kamu menjadi seorang penyelidik. Didunia nyata itu terdapat dua kemungkinan untuk kamu menjadi seorang detektif, kamu bisa menjadi detektif pemerintahan yang dalam hal ini di kepolisian atau bahkan di Badan Intelijen Negara (BIN) atau kamu bisa menjadi detektif swasta. Pada dasarnya kedua profesi detektif ini sama saja, sama-sama melakukan penyelidikan untuk mencari kebenaranya. Hanya terdapat perbedaan dari kebutuhan penyelidikannya saja. Jika detektif resmi melakukan penyidikan demi kepentingan negara, detektif swasta melakukannya untuk kepentingan individu.

Baik sebagai detektif pemerintahan atau swasta tidak ada bedanya, kamu akan tetap melakukan penyelidikan. Namun biasanya, Namun pada dasarnya detektif swasta merupakan detektif yang melakukan investigasi dalam skala kecil dan menengah seperti urusan rumah tangga, percintaan, hingga masalah bisnis. Meski demikian, tetap saja diperlukan keahlian-keahlian khusus. Nah Detektif Angel sendiri, merupakan salah satu detektif swasta di Indonesia yang memiliki layanan penyelidikan untuk segala macam kasus.

| Detektif Angel: Layanan Detektif Angel

Detektif Angel adalah sebuah jasa detektif swasta atau jasa investigasi yang berdiri sejak tahun 2003 yang tetap melayani klien hingga saat ini dan saat ini salah satu layanan profesional terpercaya. Mungkin itu saja yang bisa Detektif Angel bagikan kepada kamu mengenai cara menjadi seorang detektif. Terima kasih telah menyimak artikel ini sampai habis dan sampai berjumpa di pembahasan artikel selanjutnya.

Hallo Detektif Angel
Send via WhatsApp